English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 27 November 2011

Cara Mendaftarkan Blog di Google

Salah satu dari tujuan kita membuat "blog" adalah untuk dibaca oleh orang lain, Sebuah blog yang sering dikunjungi akan membuat kita senang karena kita merasa tulisan2 bermanfaat. Namun bagaimana caranya agar blog kita bisa ditemukan dan dikunjungi orang banyak?
Salah satu sumber pengunjung terbesar adalah dari mesin pencari atau search engine. Bila Blog kita terindeks di search Engine, tentu pengunjung akan banyak berdatangan, tetapi Bagaimana caranya agar blog bisa masuk atau terindeks ke search engine , Salah satu caranya adalah dengan mensubmit atau mendaftarkan blog ke search engine yang populer. Pada artikel ini akan kita bahas cara untuk mensubmit atau mendaftarkan blog ke sebuah search engine paling populer yaitu Google.

Mensubmit Blog ke Search Engine Google
Agar blog kita bisa muncul di halaman pencarian Google, kita perlu tau cara Google mengundang untuk datang dan melihat-lihat blog kita, Bagaimana caranya ?
Agar Google bisa datang ke blog kita perlu memberi tahu Google alamat blog kita, biar Google tidak salah alamat. Berikut ini cara mengundang Google atau mensubmit blog ke Google.

Pertama – Buka halaman Google Webmaster Tool atau klik disini, lalu login dengan google account anda, bila belum punya, anda bisa membuatnya terlebih dahulu.

Kedua – Masukkan Url Blog anda ke kolom yang disediakan ( lingkaran merah ), kemudian klik add site

Ketiga - Klik Verify Your Site

Keempat – klik Add a Meta Tag pada drop down menu, kemudian copy kode yang diberikan oleh google webmaster
Kelima – Pada platform blogger, buka account blogger > Layout > Edit Html, lalu cari tag pada kotak kode dari Template. Copy kode dari Google WebMaster Tools dan Paste kan di persis dibawah Tag atau sebelum tag , lalu jangan lupa klik SAVE TEMPLATE.

Pada platform WordPress (self hosted) anda bisa menemukan tag ini pada file header.php. Pada Dahsboard wordpress anda, klik Design > Theme Editor kemudian klik file header.php. Kemudian paste kode dari webmaster tool tadi persis di bawah tag tersebut, kemudian jangan lupa pula klik update file

Keenamkembali ke halaman Google Webmaster Tools, klik tombol Verify. Jika proses berhasil maka akan menampilkan layar summary, dan memberi tahukan bahwa kita telah berhasil.

Sampai disini berarti Blog kita telah siap untuk didatangi oleh Google, dan jika sudah di index akan masuk kedalam hasil pencarian di Google. Untuk bisa diindex mungkin kita harus menunggu beberapa hari. Setelah beberapa hari check lagi apakah Blog kita sudah diindex, dan kapan Google mengindexnya. Jika sudah berhasil maka akan terlihat seperti dibawah ini.

sampe disini anda sudah mengetahui bagaimana mendaftar blog ke google, selanjutnya anda perlu menambahkan sitemap.xml untuk wordpress dan menambahkan atom.xml untuk blog blogspot.


Sumber: http://www.belajarngeblog.com


1 komentar:

Allya Narendra mengatakan...

masih bingung.....

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60
:61 :62 :63

Posting Komentar

Mars Master © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute